1. Pembelajaran terpadu merupakan
pendekatan pembelajaran yang menghubungkan berbagai mata pelajaran yang
mencerminkan dunia nyata di sekeliling anak dan dalam rentang kemampuan
perkembangan anak. Pengertian tersebut dikemukakan oleh ....
A. Aminuddin
|
B. Gestalt
|
C. Wolfinger
|
D. Piaget
|
2. Siswa diposisikan sebagai subjek belajar pada pendekatan
belajar modern. Pada pembelajaran terpadu hal ini merupakan....
A. landasan
|
B. konsep
|
C. karakteristik
|
D. prinsip
|
3. Pak Ali sedang merumuskan tujuan, kompetensi, dan meteri
pembelajaran terpadu mata pelajaran IPS. Kegiatan Pak Ali tersebut merupakan
contoh dari landasan ....
A. filosofis
|
B. psikologis
|
C. edukatif
|
D. praktis
|
4. Proses menghubungkan pengetahuan dan pengalaman belajar
dengan pengetahuan lain untuk menghasilkan sesuatu dikemukakan oleh aliran
....
A. konstruktivisme
|
B. progresivisme
|
C. naturalisme
|
D. humanisme
|
5. Salah satu prinsip yang perlu diperhatikan dalam proses
penggalian tema adalah ....
A. tema tidak terlalu luas
|
B. guru hendaknya tidak terlalu otoriter
|
C. pemberian
tanggung jawab individu harus jelas
|
D. memberi
kesempatan kepada siswa untuk melakukan penilaian diri
|
6. Pada pembelajaran terpadu, gabungan dari berbagai mata
pelajaran akan menghemat waktu karena tumpang tindih materi dapat dikurangi
bahkan dihilangkan. Hal ini merupakan suatu ....
A. landasan
|
B. karakteristik
|
C. prinsip
|
D. manfaat
|
7. Model yang dirancang untuk membantu siswa dalam menyaring
dan memadukan berbagai pengalaman dan pengetahuan yang dihubungkan dengan medan
pemakaiannya adalah ....
A. jaringan
|
B. keterpaduan
|
C. celupan
|
D. bagian
|
8. Bentuk pembelajaran yang memadukan sebuah konsep dari
sejumlah mata pelajaran melalui hubungan tujuan-tujuan, isi, keterampilan,
aktivitas, dan sikap merupakan bentuk keterpaduan ....
A. discipline based
|
B. multidisciplinary
|
C. interdisciplinary
|
D. integrated
|
9. Di bawah ini yang merupakan kekuatan model jaring
laba-laba dalam pembelajaran terpadu adalah ....
A. guru yang dapat melakukannya
|
B. konsep-konsep kunci belum berpengalaman dikembangkan
siswa secara terus menerus
|
C. guru dapat menjaga misi kurikulum
|
D. dapat
mengaitkan ide-ide dalam satu mata pelajaran
|
10. Kegiatan yang harus ditempuh guru dan siswa pada setiap
kali pelaksanaan pembelajaran dalam rangka menciptakan suasana awal
pembelajaran yang efektif merupakan kegiatan ....
A. inti
|
B. akhir
|
C. tindak lanjut
|
D. pendahuluan
|
11. Media pembelajaran yang akan digunakan guru sesuai
dengan tujuan pembelajaran serta minat dan perhatian siswa merupakan alternatif
yang dilakukan guru dalam ....
A. menumbuhkan kesiapan belajar siswa
|
B. menciptakan suasana belajar yang demokratis
|
C. membangkitakn motivasi belajar siswa
|
D. membangkitkan perhatian siswa
|
12. Dalam proses pembelajaran, guru sebaiknya menyampaikan
alternatif kegiatan belajar yang akan ditempuh siswa. Bentuk kegiatan yang
dapat dilakukan guru adalah ....
A. membuat kaitan
|
B. melaksanakan apersepsi
|
C. penciptaan kondisi awal
|
D. memberi acuan
|
13. Pak Ali memberi pelajaran tentang kesehatan gigi dengan
memberi contoh cara menyikat gigi dengan benar agar gigi tetap sehat dan
bersih. Pada contoh tersebut Pak Ali sedang ....
A. menunjukkan
manfaat materi yang dipelajari
|
B. mengemukakan
pengalaman yang berkaitan dengan materi yang dibahas
|
C. membangkitkan
perhatian siswa
|
D. menyampaikan
tujuan pembelajaran
|
14. Kegunaan melaksanakan tes awal dalam proses pembelajaran
adalah untuk ....
A. mengetahui sejauhmana penguasaan siswa terhadap materi
atau bahan yang akan dipelajari
|
B. mengukur materi yang sudah diberikan
|
C. menghubungkan pembahasan materi yang lalu dengan yang
akan dipelajari
|
D. membedakan materi yang akan dipelajari
|
15. Makna kegiatan inti pembelajaran adalah kegiatan yang
dilakukan untuk ....
A. menciptakan suasana awal pembelajaran
|
B. menekankan proses pembentukan pengalaman belajar siswa
|
C. menutup semua rangkaian kegiatan pembelajaran
|
D. memantapkan pemahaman siswa terhadap kompetensi dasar
dan bahan pelajaran yang sudah dipelajari
|
21. Manfaat keterampilan membuka pelajaran dalam pembelajaran
terpadu adalah ....
A. memberikan gambaran yang jelas tentang aktivitas
belajar yang akan dilakukan dan batas-batas tugas yang harus dikerjakan siswa
|
B. menyiapkan bahan-bahan untuk proses pembelajaran
|
C. memantapkan pemahaman siswa tentang materi yang lalu
|
D. menetapkan kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk
mengembangkan kompetensi yang telah dikuasai siswa
|
22. Untuk membangkitkan motivasi siswa dalam keterampilan
membuka pelajaran, yang harus dilakukan guru adalah ....
A. menimbulkan rasa ingin tahu
|
B. mengajukan pertanyaan
|
C. memberikan tugas yang harus dipecahkan bersama
|
D. memberikan penguatan kepada siswa
|
23. Salah satu komponen menutup pelajaran adalah melakukan
penilaian. Mengingat waktu yang diperlukan dalam penilaian terbatas maka cara
yang terbaik adalah ....
A. meminta siswa melakukan pengamatan di kebun/pekarangan
sekolah
|
B. meminta siswa untuk menyatakan pendapat tentang bahan
dan kegiatan belajar dari tema yang telah dibahas
|
C. memberi soal untuk didiskusikan selama proses
pembelajaran
|
D. memberikan soal-soal tertulis yang dikerjakan secara
cepat
|
24. Dalam melakukan penilaian bahan ajar dan pengalaman
belajar yang ditetapkan harus sesuai dengan karakteristik dan perkembangan
siswa. Hal ini sesuai dengan prinsip ....
A. kesinambungan
|
B. kebermaknaan
|
C. keutuhan
|
D. keterbukaan
|
25. Salah satu manfaat keterampilan bertanya dalam pembelajaran
terpadu adalah ....
A. mengatasi kekurangan sumber belajar yang diperlukan
|
B. membantu siswa memahami berbagai konsep dari tema yang
sedang dipelajari
|
C. mengetahui
tingkat keberhasilan dari pelaksanaan pembelajaran terpadu
|
D. meningkatkan kegiatan belajar yang lebih bervariasi dan
bermakna
|
26. Komponen kejelasan dalam keterampilan menjelaskan yang perlu
dikuasai guru adalah ....
A. kelancaran ucapan dalam berbicara
|
B. umpan balik
|
C. pemberian acuan
|
D. pemberian tekanan
|
27. Suatu pertanyaan yang diajukan guru dan tidak dapat
dijawab oleh siswa atau jawaban tidak sesuai dengan keinginan guru, maka guru
tidak boleh tinggal diam. Komponen yang harus dikuasai guru untuk mengatasi masalah
ini adalah ....
A. pemberian tuntunan
|
B. pengungkapan pertanyaan yang jelas dan singkat
|
C. pemberian waktu berpikir
|
D. pemusatan
|
28. Manfaat dari keterampilan mengadakan variasi dalam pembelajaran
terpadu adalah ....
A. memelihara iklim kelas yang kondusif
|
B. memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan
rasa ingin tahu tentang sesuatu yang baru dalam suatu tema yang dipelajari
|
C. memberikan kemudahan kepada siswa untuk mempelajari isi
tema yang dipelajari dan dianggap memiliki tingkat kesulitan yang cukup
tinggi
|
D. menumbuhkan percaya diri siswa akan kemampuan yang
dimilikinya dan keberanian mengungkapkan pendapat sendiri
|
29. Dalam memberi penguatan bentuk verbal, hal yang
sebaiknya dilakukan guru adalah memberi ....
A. kegiatan yang menyenangkan
|
B. simbol atau tanda
|
C. pengakuan
|
D. peringatan
|
30. Agar penguatan dapat berfungsi secara efektif dan dapat
memperlancar pencapaian kompetensi dasar siswa maka prinsip yang harus
diperhatikan adalah ....
A. sikap hangat dan antusias
|
B. diberikan setelah pelajaran selesai
|
C. dapat dilakukan dengan cara perubahan posisi guru
|
D. variasi dengan kesenyapan
|
31. Pola interaksi yang menuntut aktivitas siswa yang lebih
tinggi, dimana interaksi tidak hanya antara guru dan siswa tetapi juga antara
siswa dengan siswa lain merupakan pola interaksi pembelajaran ....
A. satu arah
|
B. dua arah
|
C. tiga arah
|
D. banyak arah
|
32. Kompetensi yang diharapkan dari lulusan Sekolah Dasar dan Madrasah
Ibtidaiyah yang tepat adalah ....
A. memiliki rasa cinta terhadap sekolah
|
B. menjalankan
hak dan kewajiban
|
C. membela apa
yang sudah menjadi hak siswa
|
D. memiliki sukuisme yang tinggi
|
33. Dalam struktur kurikulum 2004 Sekolah Dasar dan Madrasah
Ibtidaiyah terdiri dari mata pelajaran berikut, kecuali ....
A. Bahasa Inggris
|
B. Ilmu Pengetahuan Alam
|
C. Kerajinan Tangan dan Kesenian
|
D. Pendidikan Jasmani
|
34. Pak Ali sedang membuat peta kompetensi dari beberapa
mata pelajaran antara lain; Bahasa Indonesia, Matematika, Ilmu Pengetahuan
Alam, dan Kerajinan Tangan dan Kesenian. Aspek-aspek yang dapat dipadukan
yaitu, Bahasa Indonesia (berbicara), Matematika (bilangan cacah sampai dengan
tiga angka), IPA (makhluk hidup dan proses kehidupan), dan Kerajinan Tangan dan
Kesenian (warna dan garis). Contoh tersebut menunjukkan bahwa Pak Ali sedang
menetapkan ....
A. mata pelajaran
|
B. kompetensi dasar
|
C. tema
|
D. keterhubungan
kompetensi dasar dengan tema pemersatu
|
35. Garis besar, ringkasan, ikhtisar, pokok-pokok isi/materi
pembelajaran yang digunakan sebagai penjabaran lebih lanjut dari standar
kompetensi dasar yang ingin dicapai, dan uraian materi yang perlu dipelajari
siswa disebut ....
A. kurikulum
|
B. satuan pembelajaran
|
C. silabus
|
D. rencana pembelajaran
|
36. Menulis nama-nama mata pelajaran yang akan dipadukan,
menentukan judul tema yang akan dibahas, kemudian menentukan semester, dan
kelas merupakan komponen ....
A. kegiatan belajar mengajar yang akan dilaksanakan
|
B. alat, media, dan sumber bahan yang digunakan
|
C. identifikasi belajar mengajar yang akan dilaksanakan
|
D. cara penilaian yang akan ditempuh
|
37. Salah satu komponen dalam satuan pembelajaran terpadu
adalah ....
A. alokasi waktu yang diperlukan
|
B. alternatif strategi pembelajaran yang digunakan
|
C. materi pokok yang mengacu pada suatu tema
|
D. identitas mata pelajaran
|
38. Ibu Ani sedang mengajar siswa kelas I dengan menyanyikan
lagu “Pelangi” setelah itu menanyakan kepada siswanya ada berapa macam warna
pada pelangi. Contoh tersebut menggambarkan bahwa Bu Ani ingin mengetahui
komponen mana yang akan dicapai yaitu ....
A. kompetensi dasar
|
B. strategi
|
C. materi pokok
|
D. mata pelajaran
|
39. Ibu Ani ingin menerangkan tentang peristiwa alam pada
kelas III dengan memadukan mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA, dan Kerajinan
Tangan dan Kesenian. Pada satuan pembelajaran yang dibuat oleh bu Ani untuk
materi mata pelajaran Kesenian adalah ...
A. Pelangi
|
B. Puncak Gunung
|
C. Si Kancil
|
D. Balonku
|
40. Berikut merupakan komponen-komponen dalam silabus, kecuali
....
A. kompetensi dasar
|
B. indikator
|
C. evaluasi
|
D. alokasi waktu
|
41. Contoh kompetensi dasar yang ingin dicapai adalah “Siswa dapat menceritakan
peristiwa alam”. Dari segi strategi pembelajaran pada satuan pembelajaran, kita
dapat melihat keterpaduan pembelajaran antara mata pelajaran IPA dengan Bahasa
Indonesia. Kelengkapan yang perlu disusun untuk kebutuhan penilaian adalah, kecuali
lembar ...
A. soal
|
B. pengamatan
|
C. analisis kemampuan
|
D. teks lagu
|
42. Program yang dilakukan secara berkesinambungan untuk
menentukan keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan dalam pembelajaran
terpadu diidentifikasi sebagai suatu ....
A. evaluasi
|
B. penilaian
|
C. observasi
|
D. pengukuran
|
43. Tujuan penilaian dalam pembelajaran terpadu adalah untuk ....
A. menilai pembelajaran di kelas
|
B. menentukan skor yang diperoleh siswa
|
C. menentukan siswa yang berprestasi
|
D. menilai hasil ujian siswa
|
44. Penilaian yang dilakukan secara berencana, terus menerus dan bertahap untuk
memperoleh gambaran tentang perkembangan tingkah laku siswa sebagai hasil dari
kegiatan belajar merupakan prinsip ....
A. integral
|
B. komprehensif
|
C. berkesinambungan
|
D. objektif
|
45. Sasaran yang dinilai dalam penilaian proses adalah ....
A. kemampuan siswa dalam menulis laporan
|
B. masukan dari anak,orang tua, dan guru lain tentang
proses belajar yang sudah dilakukan
|
C. penguasaan peserta didik terhadap apa yang sudah
dipelajarinya
|
D. tingkat efektivitas kegiatan belajar mengajar
|
46. Penilaian yang dilakukan dengan melihat siswa melakukan
tugas/proses atau produk yang dibuat siswa untuk selanjutnya melihat dan
menilai proses dan produk tersebut untuk menentukan tingkat pengetahuan atau
kemampuan siswa. Kegiatan tersebut merupakan bentuk penilaian alternatif ....
A. cuplikan kerja
|
B. portofolio
|
C. catatan anekdotal
|
D. rubrik
|
47. Siswa kelas IV oleh pak Ali diharuskan memakai baju
seragam dan asesorisnya dengan benar sesuai aturan sekolah. Pada pelajaran IPS
guru ingin menilai aspek afektif dari siswa dengan topik “Disiplin”. Penerapan
bentuk penilaian yang digunakan oleh pak Ali yaitu ....
A. portofolio
|
B. angket
|
C. observasi
|
D. wawancara
|
48. Kelebihan dari penggunaan teknik dalam penilaian adalah
....
A. kualitas tes item rendah
|
B. salah memilih bentuk tes
|
C. kesalahan dalam skoring
|
D. ranah afektif dapat diukur dengan tepat
|
49. Dalam prosedur pengembangan penilaian, penilaian dapat
diarahkan pada proses maupun produk serta program. Kegiatan tersebut dapat
dilakukan pada tahap ....
A. perencanaan
|
B. pelaksanaan
|
C. penyusunan laporan
|
D. penyajian laporan
|
50. Contoh format di atas adalah bentuk format penilaian
dari ....
A. rubrik
|
B. observasi
|
C. penilaian berkala
|
D. portofolio
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar